pulsa

Contoh Wirausaha Sampingan untuk Guru

Kali ini di blog Bukan Usaha saya akan berbagi pengalaman pribadi menjalankan wirausaha sampingan untuk guru. Meskipun saya belum pantas dikatakan sebagai guru, namun karena saya memiliki ijazah beserta akta mengajar selain itu saya menjadi guru wiyata bakti (sukarelawan/sukwan) di sebuah sekolah dasar di desa saya jadi tetangga-tetangga menganggap saya sebagai guru. hihi..

Tulisan saya ini bukan bermaksud untuk merendahkan, melecehkan, ataupun menyepelehkan guru wiyata bakti yang lain, hanya berbagi pengalaman sebagai guru wiyata bakti. Jadi saya mohon maaf bila ada yang tersinggung. Namun pengalaman saya ini mungkin terjadi pada beberapa orang dan semoga tulisan saya ini bisa dibaca oleh para pemimpin sehingga bisa membantu meningkatkan kesejahteraan guru wiyata bakti yang mungkin guru inilah yang sedikit bisa dikatakan tanpa tanda jasa 'yang cukup'. hihi.. sekali lagi mohon maaf jika tulisan saya ini tidak berkenan bagi Anda.

bimbingan belajar guru
Langsung saja pada topik pembicaraan contoh wirausaha sampingan untuk guru yaitu membuka bimbingan belajar pribadi. Contoh usaha guru ini memang sudah banyak dibahas. Usaha ini mungkin ada yang meragukan untuk sebagian orang karena ada faktor-faktor yang mempengaruhi.

Maksud saya, orang yang ragu akan usaha ini mungkin disebabkan berpikir seperti ini. 'disini sudah banyak bimbingan belajar yang besar, berkualitas, dan terstruktur. Mana mungkin bisa bersaing'. Saya juga berpikir begitu. Memang di kota-kota sudah banyak bimbingan belajar yang bagus. Nah kita sebagai pribadi mungkin kesulitan untuk bersaing jika sendirian. Tapi sudah saya katakan di awal tulisan, ini adalah berbagi pengalaman pribadi saya menjalankan usaha sampingan untuk guru yaitu membuka usaha bimbingan belajar.

Sebelumnya usaha bimbingan belajar ini bukan atas niatan saya sendiri, namun permintaan tetangga. Berhubung lokasi saya berada di desa dengan tingkat taraf hidup penduduk yang belum tinggi namun menginginkan putra-putrinya ingin mendapat tambahan pengetahuan, usaha bimbingan belajar ini masih cocok dilakukan di desa saya. Kalaupun tetangga Anda belum meminta Anda, silakan coba promosikan usaha Anda. Tidak perlu repot-repot cukup buatlah tulisan di depan rumah Anda 'menerima bimbingan belajar/les. Itu sudah cukup menurut saya. Malah disini saya tidak melakukan hal tersebut. Karena sebenarnya saya kurang berani menawarkan diri sebagai seorang pengajar. Namun karena permintaan dari tetangga, ya saya usahakan semampu saya. Oh ya, usaha jasa bimbingan belajar ini saya lakukan di rumah saya sendiri.

Kalau Anda ingin sedikit serius menjalankan usaha sampingan ini, ada beberapa media penunjang yang perlu Anda persiapkan. Tenang, ini hanya sarana prasarana sederhana. Diantaranya:
1. Papan Tulis atau White Board (kalau kurang dana, beli yang kecil dulu, saya malah tidak pakai, baru ingin beli, hihi..)
2. Buku-buku (kalau saya pinjam dari sekolahan)
3. Meja kursi/ meja kecil lesehan / tanpa meja pun juga enak, full lesehan hihi..
4. Alat-alat tulis
5. Apa lagi ya... ada tambahan lagi dari Anda?

Sementara itu dulu, yang lainnya nanti bisa sambil jalan. Jika kita berusaha dan berdoa semoga diberi kemudahan oleh-Nya. Amin. Dan semoga tulisan pengalaman pribadi saya tentang satu contoh wirausaha sampingan untuk guru ini bisa menginspirasi Anda. Sukses selalu!


2 Komentar untuk "Contoh Wirausaha Sampingan untuk Guru"

Niche blog ini sangat bagus, pertahan kan Niche nya perbanyak pengunjung, pasti bisa dapat banyak $$ dari Google adsense..

buat artikel minimal 1 hari 1 artikel, lakukan selama 3 bulan, pasti datang pengunjung nya.. :D

saya sudah Follow blog nya, kalau ada kesempatan follow juga blog saya ya..

http://danforblogg.blogspot.com/

Terima kasih kunjungannya..
saya juga sudah follow blog sobat..

Back To Top