pulsa

Peluang usaha ternak ayam bangkok cocok jadi usaha sampingan

Peluang usaha ternak ayam bangkok cocok jadi usaha sampingan. Apalagi dijadikan usaha sampingan di desa. Kenapa cocok dijadikan usaha di desa? Karena lahan di desa cukup luas yang mendukung untuk membudidayakan ayam bangkok secara umbaran tanpa perlu kandang sempit yang bisa membuat ayam bangkok stres.

Ide wirausaha sampingan yang saya tulis ini terinspirasi dari teman saya yang juga ingin memulai usaha ternak ayam bangkok. Kebetulan beliau mendapatkan hadiah ayam bangkok dari saudaranya. Beliau pun ingin menjadikan pemberian itu lebih memberikan keuntungan baginya dengan cara memelihara ayam bangkok tersebut. Beliau berharap hasil usaha sampingan beternak ayam bangkok ini bisa menambah penghasilan bahkan menjadi penghasilan yang lebih banyak dari penghasilan aslinya.

peluang-usaha-ternak-ayam-bangkok

Bagaimana keuntungan dan kelemahan peluang usaha ternak ayam bangkok? Sebenarnya saya tidak berpengalaman dalam usaha ternak ayam, apalagi usaha ternak ayam bangkok, namun dari googling di internet ada beberapa keuntungan dan kelemahan yang saya peroleh. Berikut ini keuntungan dan kelemahan usaha ternak ayam bangkok.

Keuntungan usaha ternak ayam bangkok
o bisa dilakukan relatif dengan modal kecil, sehingga cepat balik modal.
o perawatan relatif tidak begitu sulit.
o keuntungan yang didapat besar.
o pasar terbuka lebar.
o dalam mencari pakan tidak sulit karena tersedia di toko-toko.

kelemahan usaha ternaka ayam bangkok
o hewan unggas, termasuk juga dengan ayam bangkok, mudah terserang penyakit
o hasil dari usaha ternak ayam bangkok relatif kurang disukai pasar
o sering terjadi pencurian ayam
o adanya serangan penyakit
o hasil usaha ternak ayam bangkok banyak yang betina dari pada pejantan.


Terus bagaimana ya cara memulai usaha ternak ayam bangkok?
Kita harus memilih bibit ayam bangkok yang berkualitas unggul.

Tips memilih bibit ayam Bangkok berkualitas unggul
Dalam memilih bibit ayam Bangkok, ada baiknya Anda memegang kunci. Salah satunya, Anda mengenali para pemain di dalamnya. Benar, berteman dengan para bobotoh aduan yang sudah pengalaman di bidang ayam bangkok. Dekati dan secara tidak langsung minta ajarkan pada mereka tentang tips memilih bibit ayam bangkok yang baik.

Menyiapkan kandang untuk proses perkawinan dan kandang postal
Ayam sangat gampang dikawinkan. Ayam memang tidak seperti burung yang susah-susah gampang untuk dikawinkan. Yang dibutuhkan ayam hanyalah kandang. Kandang yang baik untuk proses perkawinan adalah kandang umbaran. Dalam satu kandang bisa diisi oleh 1 ayam jantan dan 4 ayam betina. Ini adalah saran dari para bobotoh aduan.

kandang-ayam-bangkok-umbaran

Keuntungan menggunakan kandang umbaran, selain karena mudah dalam proses perkawinan, juga terhitung gampang dilakukan. Disamping itu, jika dibandingkan dengan perkawinan inseminasi relatif lebih murah. Namun, ini bagi ternak ayam Bangkok skala rumahan lho...

Ayam Bangkok betina yang telah dikawinkan secara alami akan bertelur seminggu kemudian selepas proses perkawinan. Dalam tiap periodenya, setiap indukan ayam bangkok akan bertelur sebanyak 20 butir (tidak selalu). Kemudian bisa dierami atau pun ditetaskan menggunakan mesin tetas selama 21 hari. Setelah menetas, anak ayam Bangkok sebaiknya segera dipindahkan di kandang postal yang dilengkapi pemanas buatan dari lampu.

Besar kandang untuk anak ayam bangkok bisa kita sesuaikan dengan ukuran lahan. Kira-kira setinggi 1,5 meter dengan panjang 1 meter dan lebar 0,8 meter sudah cukup bagus. Namun, ukuran ini tidaklah baku.

Nah itu saja yang bisa saya tulis di blog Bukan Usaha biasa ini. Semoga ide wirausaha berjudul peluang usaha ternak ayam bangkok cocok jadi usaha sampingan ini menginspirasi Anda.



0 Komentar untuk "Peluang usaha ternak ayam bangkok cocok jadi usaha sampingan"
Back To Top