pulsa

Contoh kerja sampingan atau kerja sambilan untuk pelajar

Kali ini di blog wirausaha sampingan Buka n Usaha akan berbagi inspirasi usaha yaitu contoh kerja sampingan atau kerja sambilan untuk pelajar. Nah bagi pelajar yang hendak mencari ide untuk memperoleh penghasilan, mungkin penjelasan berikut ini bermanfaat.

Besarnya biaya sekolah untuk sebagaian pelajar mengharuskan mereka mencari penghasilan tambahan dengan cara bekerja paruh waktu/ bekerja sampingan/bekerja sambilan. Para pelajar bisa mendapatkan penghasilan tetapi tentunya tidak boleh melupakan kegiatan belajar karena itu yang utama. Hasil dari kerja paruh waktu (part time) dapat dipakai untuk biaya sekolah atau kuliah dan juga dapat digunakan untuk kebutuhan mereka yang lain, misalnya membeli peralatan sekolah atau untuk uang saku mereka.

kerja+sambilan+pelajar

Tapi tidak semua pekerjaan paruh waktu bisa dijadikan kerja sampingan bagi pelajar karena beberapa faktor yang bisa mempengaruhi pekerjaan paruh waktu seperti keterbatasan waktu dan lokasi. Berikut ini beberapa contoh kerja sampingan atau kerja sambilan untuk pelajar:

1. Jualan pulsa elektrik
Teman-teman sekolah anda tentunya sebagian besar mempunyai alat komunikasi berupa ponsel. Sekarang ini kebutuhan akan pulsa sangat besar, apalagi bagi anda dan teman anda yang masih ABG tiap hari kalau tidak pegang ponsel rasanya seperti manusia purba, hihii. Lihat saja kebutuhan akan telepon, sms, BBM, dan data internet setiap hari harus terpenuhi. Kemungkinan besar bila anda berjualan pulsa kepada teman sekolah peluang lakunya besar karena saya berpikir sekarang ini anak-anak males pergi untuk sekedar membeli pulsa ke konter. Nah ini kesempatan anda sebagai pelajar kreatif mata duitan, hihiiii. Ingin coba? Baca keunggulan usaha sampingan pulsa
2. Les privat
Terutama bagi anda pelajar SMA, Anda bisa memberikan pelajaran tambahan kepada beberapa siswa yang masih duduk di bangku SD atau SMP. Mata pelajaran yang bisa diberikan seperti matematika, bahasa inggris, ilmu pengetahuan alam dan sosial. Bila kurang percaya diri, ajaklah teman-teman anda untuk membuka les privat.

3. Menjual alat tulis dan peralatan sekolah
Memang sebagian besar sekolah sudah memiliki koperasi sekolah yang menyediakan alat tulis, namun bila anda menjual alat tulis dan perlengkapan sekolah yang lebih murah mengapa tidak. Bisa jadi teman anda akan beli pada anda.
4. Membuka bengkel motor kecil-kecilan bagi pelajar SMK Jurusan Perbengkelan
Tidak perlu yang susah-susah, cukup layani saja jasa ganti ban, ganti oli, jual asesoris motor, servis ringan. Kalau memang anda sebagai pelajar SMK yang ahli mesin bolehlah melakukan servis yang agak berat.

5. Membuka bisnis kuliner jurusan tata boga
Sebagai pelajar SMK jurusan tata boga ataupun pelajar biasa, anda bisa memanfaatkan kemampuan anda di bidang kuliner dengan menjual kue, jajanan, atau makanan ringan di sekolah. Misal saja anda menitipkan kepada kantin sekolah. Nanti bisa bagi hasil dengan pemilik kantin, beres dah.

6. Jasa Instal aplikasi
Sebagai pelajar, teknologi adalah sesuatu yang sangat disukai ABG. Entah itu aplikasi atau game. Manfaatkan untuk menjual jasa instal aplikasi atau game. Tentunya usahakan aplikasi dan gamenya legal ya..

7. Bisnis online
Bisnis online ini banyak sekali macamnya. Salah satunya adalah online shop (jualan online). Kita bisa menjual barang produk kita sendiri atau kita bisa menjadi reseller maupun dropship ataupun afiliasi.

8. Blogger
Bagi pelajar yang suka menulis atau mengetik, silakan mencoba menjadi blogger. Apa itu blogger? Arti mudahnya adalah orang yang memiliki blog (website/situs online). Dari blog itu bisa dijadikan lahan penghasilan. Bagaimana caranya? Wah..banyak sekali caranya. Penjelasannya bisa panjang.

9. Wirausaha
Maksudnya? ya membuka lapangan usaha sendiri entah terserah anda, carilah ide wirausaha yang sesuai dengan keahlian dan kesukaan anda.
Untuk para mahasiswa, baca tulisan lain yang berjudul : contoh wirausaha sampingan bagi mahasiswa.

Beruntunglah bagi kita seorang pelajar yang tidak perlu memikirkan keperluan sekolah karena orang tua sudah mampu membiayai kita, maka sepatutnyalah kita bersyukur. Namun bagi kita seorang pelajar yang kurang mampu dalam hal ekonomi, bolehlah membantu orang tua dengan cara melakukan kerja sampingan/ kerja sambilan yang bisa dikerjakan secara paruh waktu untuk meringankan sedikit pengorbanan mereka. Dengan begitu semoga kita mendapat hasil yang baik sekaligus mendapat pahala dari Allah SWT atas usaha kita membantu orang tua kita.

Semoga bacaan berjudul contoh kerja sampingan atau kerja sambilan untuk pelajar ini bermanfaat. Terima kasih.



0 Komentar untuk "Contoh kerja sampingan atau kerja sambilan untuk pelajar"
Back To Top