pulsa

Alasan Peluang Usaha Beternak Lebah Madu Menguntungkan

Alasan peluang usaha beternak lebah madu menguntungkan - Usaha ternak apa yang menguntungkan dan relatif mudah dijalankan? Salah satu usaha beternak yang menguntungkan adalah beternak lebah madu. Semua orang tahu, jika lebah adalah binatang penghasil madu. Madu mempunyai banyak manfaat, misalnya untuk kepentingan farmasi yaitu sebagai bahan obat dan komestik. Hal ini karena madu mengandung zat untuk perawatan dan penyembuhan, sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Tak heran jika sejak zaman dahulu hingga sekarang, permintaan madu tak pernah berkurang bahkan semakin meningkat dan harganya tetap tinggi.

Jika anda suka usaha budidaya ataupun beternak, coba peluang usaha beternak lebah madu ini. Mengapa beternak lebah madu menguntungkan? Beternak lebah merupakan pilihan tepat jika kita memilih usaha beternak di zaman sekarang. Hal itu karena terdapat beberapa pertimbangan yang sangat positif dalam peluang usaha beternak lebah, alasan usaha beternak lebah menguntungkan yaitu:

peluang-usaha-beternak-lebah-madu-menguntungkan
  • Lebah menghasilkan bahan makanan yang berenergi tinggi dan tak ada bandingannya,
  • Memberi peluang bisnis bagi semua orang (semua orang bisa melakukannya dengan sedikit ilmu pengetahuan tentunya),
  • Tidak membutuhkan modal (yang besar) dalam membuka usaha ( tergantung kita sih),
  • Lebah termasuk jenis ternak yang mencari makan sendiri (jadi kita tidak perlu repot menyediakan makanan),
  • Tidak membutuhkan lahan luas,
  • Hasil madu mudah dan cepat dijual di pasaran (ke toko jamu, toko sendiri, pasar, bahkan ke tetangga bisa),
  • Tidak banyak menyita waktu dan tenaga,
  • Dapat menghasilkan devisa (jika kita ekspor),
  • Memberi sumbangan bagi penyerbukkan tanaman,
  • Peluang masih terbuka lebar (belum banyak yang melakukan).

Peluang usaha beternak yang bisa dilakukan setiap orang dan modal relatif kecil
Banyak orang ingin membuka usaha tetapi (terkadang) gagal karena investasi modal yang dibutuhkan cukup besar. Akan tetapi, tidak demikian jika kita beternak lebah madu. Sebab usaha ini tidak memerlukan modal yang sangat besar sehingga dapat dilakukan oleh semua orang. Caranya sangat sederhana dan tidak menuntut keahlian khusus. Cukup membeli koloni lebah madu dari peternak dengan harga di bawah satu juta rupiah.

Semua orang terutama di negeri ini, bisa membuka peluang bisnis ini. Alam Indonesia yang subur dan kaya dengan tanaman, hutan yang terbentang luas, serta suhu udara yang baik, sangat mendukung kemudahan dan keberhasilan usaha beternak lebah. Terutama untuk kita di desa, usaha ini cocok untuk kita yang tinggal di desa. Meskipun tidak menutup kemungkinan di daerah lain juga bisa. Oleh karena itu, beternak lebah madu dapat dilakukan oleh setiap orang. Syarat utama tergantung pada diri kita. Jika ada kemauan yang kuat dan bersungguh-sungguh, insyaallah usaha ini pasti mendatangkan keberhasilan yang menakjubkan.
Baca juga: Cara Budidaya Belut dalam Kolam

Pada masa sulit seperti sekarang ini banyak karyawan di PHK. Ratusan ribu orang kehilangan pekerjaan. Untuk mempertahankan hidup mereka kemudian membuka usaha baru. Namun sedikit sekali di antara mereka yang tahu bahwa sesungguhnya beternak lebah itu membutuhkan sedikit modal tetapi sangat menguntungkan.

Oleh karena masyarakat kita kurang mempunyai pengetahuan dan terbatasnya informasi tentang beternak lebah maka mereka tidak tertarik untuk menekuni usaha ini. Berarti sesungguhnya peluang beternak lebah masih sangat terbuka lebar. Jika belum banyak orang beternak lebah maka hasil madu tidak akan mengalami surplus. Dengan demikian harga madu tetap tinggi dan masih berada dalam batas aman.

Tidak perlu repot menyediakan (ransum) makanan
Dari sekian banyak jenis usaha peternakan, lebahlah salah satunya binatang ternak yang tidak membutuhkan ransum dari manusia. Sepanjang hari lebah mencari makanannya sendiri. Mendatangi bunga-bunga yang mengandung nektar (sumber madu). Nektar tersebut dijadikan sebagai sumber makanannya, meskipun pada akhirnya dikeluarkan lagi dalam bentuk madu. Jadi intinya, kita tidak perlu repot memberi makan hewan ternak kita, enak kan?

Usaha ternak lebah ini tidak membutuhkan banyak biaya. Kita pun tidak perlu sibuk menyediakan dana untuk biaya makannya. Bahkan lebah-lebah itu tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Hanya kadang-kadang kita harus menyediakan makanan tambahan berupa air gula dan sekali-kali memeriksa sarangnya.

mudah-ternak-lebah-madu-usaha-sampingan

Hasil produk yang mudah laku di pasaran
Hampir semua orang menyukai madu. Tetapi tak sedikit dari mereka yang kesulitan mendapatkannya, terutama madu yang asli. Hal ini karena madu yang dihasilkan peternak lebah madu kurang mencukupi kebutuhan masyarakat. Berarti permintaan madu di negeri kita tergolong cukup tinggi. Bahkan sampai sekarang, diperkirakan Indonesia masih terus mengimpor madu dari luar negeri. Oleh karena itu, membuka usaha beternak lebah memiliki prospek amat cerah. 
Baca: Produk yang dipasarkan dari beternak madu lebah

produk-ternak-jualan-yang-laku-di-pasaran

Bagi peternak yang memiliki berpuluh-puluh (bahkan ratusan stup) akan mendapatkan hasil madu dalam jumlah relatif banyak. Persediaan madu tersebut dapat dijual dengan cara menjalin kerjasama dengan tengkulak. Lebih modern apabila kemasan madu dalam botol diberi label dan dijual ke toko-toko.

Berdasarkan gambaran di atas dapat diketahui bahwa beternak madu sangat menjanjikan. Dapat dikembangkan menjadi usaha skala besar atau sebagai usaha sampingan saja.

Demikian Alasan peluang usaha beternak lebah madu menguntungkan semoga bermanfaat.


0 Komentar untuk "Alasan Peluang Usaha Beternak Lebah Madu Menguntungkan"
Back To Top